Tadris Matematika

By IAIDA LAMPUNG 23 Jun 2024, 14:30:18 WIB

Tadris Matematika

Visi:

Terwujudnya Prodi Tadris Matematika sebagai pusat kajian dan pengembangan ilmu tadris matemtaika yang unggul meliputi teori sosio kognitif, pengembangan media, proses dan inovasi pembelajaran yang berwawasan ilmu keislaman berdasarkan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah An Nahdliyah dan Keindonesiaan pada tahun 2047

Misi:

Pertama, Menyelenggarakan layanan pendidikan dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kajian mutu keilmuan matematika untuk membentuk calon tenaga pendidik yang memiliki kedalaman moral dan sprititual, berakhlakul karimah, serta kematangan professional yang berwawasan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan berdasarkan nilai-nilai ahlu sunnah wal jama’ah an-nahdliyah.

Kedua, Meningkatkan penelitian dan PKM serta publikasi yang berkualitas dalam kajian tadris matematika meliputu teori sosio kognitif, pengembangan media, proses dan inovasi pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran dalam rangka mencetak dan mengembangkan peneliti, guru, dan praktisi yang berwawasan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan berdasarkan nilai-nilai ahlu sunnah wal jama’ah an-nahdliyah.

Ketiga, Mengembangkan dan mengiplementasikan kurikulum dan proses pembelajaran prodi tadris maatematika berbasis capaian standar yang menjamin mutu luaran yang selaras dengan SKL dan CPL yang telah ditetapkan.

Keempat, Mengembangkan jejaring kerjasama yang sinergis dengan berbagai instansi dan lembaga mitra, baik local, nasional, regional, maupun internasional untuk pengembangan tadris matematika yang inovatif berbasis teknologi digital dan psikologi kognitif untuk dapat mengambil manfaat bagi penliti, guru, dan praktisi yang berwawasan keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan berdasarkan nilai-nilai ahlu sunnah wal jama’ah an-nahdliyah.

Tujuan:

Pertama, Menghasilkan peneliti guru dan praktisi yang professional, bertaqwa, mandiri, mempunyai kemampuan meniliti, mengembangkan, dan mengamalkan ilmu tdaris matematika dan memiliki dasar-dasar yang handal untuk mengembengkan lebih lanjut teori dalam tadris matematika untuk mencapai standar output yang berkualitas di berbagai keterampilan kerja serta pemahaman terhadap keilmuan tadris matematika, keislaman, dan keindonesiaan berdasarkan nilai-nilai ahlu sunnah wal jama’ah an-nahdliyah.

Kedua, menghasilkan karya penelitian PKm dan publikasi ilmiah dalam ilmu tadris matematika pada taraf regional, nasional dan internasional dengan mengembanmgkan perilkau kecenekiaan, yang berbasis hasil penelitian yang berkualitas bagi pengembangan ilmu dan pembelajaran yang berwawasan ilmu keislaman dan kebahasaan berdasarkan nilai-nilai ahlu sunnah wal jama’ah an-nahdliyah pada level lokal dan nasional.

Ketiga, menjamin kualitas lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tadris matematika secara profesional yang berkelanjutan melalui perbaikan yang berkelanjutan yang berorientasi pada standar kualitas 

Keempat, mengasilkan program kerjasama yang sinergis dengan berbagai instansi dan lembaga mitra baik local, nasional, regional, maupun global untuk memajukan tdaris matematika

Strategi:

  1. Mengembangkan iklim akademik yang kondusif untuk pelaksanaan tadris matematika sehingga menghasilkan peneliti, guru dan praktisi yang berkualitas  untuk mencapai standar output di berbagai keterampilan kerja serta pemahaman terhadap keilmuan tadris matematika, keislaman, dan keindonesiaan berdasarkan nilai-nilai ahlu sunnah wal jama’ah an-nahdliyah.
  2. Mengembangkan tata pamong program studi secara terus-menerus, sesuai dengan tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pembangunan nasional untuk memperluas pemerataan mengikuti pendidikan matematika yang selaras dengan tuntutan masyarakat
  3. Melaksanakan penelitian, pkm dan publikasi yang mampu memberi kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengathuan dan praktik pendidikan dan perbaikan kehidupan masyarakat yang dilakukan secara terpadu dan selaras.
  4. Menetapkan standar SDM yang terimplementasi sesuai siklus mutu
  5. Melakukan penataan manajemen prodi dan sdm, sarana dan prasarana pendidikan, yang  selaras dengan tuntutan masyarakat local, nasional dan internasional
  6. Menetapkan standar Pendidikan yang terimplementasi sesuai siklus mutu
  7. Penerapan dan implementasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan matematika pada aspek kognitif afektif dan keterampilan.
  8. Menetapkan standar luaran yang terimplementasi sesuai siklus mutu
  9. Menjalin kerjasama di berbagai bidang yang terkait dengan tadris matematika untuk meningkatkan kualitas dan tridarma perguruan tinggi
  10. Melakukan kolaborasi dengan dosen di luar perguruan tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri untuk menghasilkan publikasi ilmiah yang dapat diterima pada jurnal nasional dan internasional yang bereputasi.